Skip navigation

by Ridwan Hutagalung on Tuesday, December 1, 2009 at 9:01pm
Situs Astana Gede
Terletak di kaki Gunung Sawal di Dusun Indrayasa, Kecamatan Kawali, sekitar 27 km di utara ibukota Kabupaten Ciamis. Dalam kompleks situs seluas 5 hektar ini terdapat berbagai peninggalan bersejarah berupa punden berundak, menhir, prasasti, dan makam-makam kuno bercorak Islam.
Keberadaan situs ini ditemukan oleh Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles (1811-1816) yang kemudian membukukan berbagai hasil penelitiannya di P. Jawa – termasuk tentang prasasti Kawali – dalam buku History of Java (1817).Sejumlah penelitian kemudian dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa, di antaranya oleh Duymaer van Twist (juga seorang gubernur jenderal periode 1851-1856), Friederik (1855), K.F. Holle (1867), Pleyte (1911), de Haan (1912), dan J. Noorduyn (1988). Penelitian oleh bangsa Indonesia di antaranya oleh Saleh Danasasmita (1984) dan Atja (1990).Berdasarkan prasasti (tanpa angka tahun) yang bertuliskan aksara dan bahasa Sunda kuno itu dapat diketahui tentang seorang raja yang dikenal dengan nama Prabu Raja Wastu (Niskala Wastu Kancana) yang berkedudukan di Kawali dengan keratonnya yang dinamakan Surawisesa. Kompleks situs Kawali ini berada tidak jauh dari lokasi Alun-alun Keraton Surawisesa dahulu.Selain peninggalan Niskala Wastu Kancana, situs Kawali juga memiliki peninggalan berupa sebuah kolam kecil berukuran sekitar 10 meter persegi. Kolam kecil ini sebetulnya merupakan sumber mata air yang bernama Cikawali. Konon dari nama kolam inilah nama daerah Kawali berasal. Ada juga sebuah menhir dengan tinggi sekitar 130 cm, lebar 15 cm, dan tebal 10 cm. Berdampingan dengan menhir ini terdapat lumpang batu berbentuk segitiga. Jenis batu pada menhir ini konon hanya ditemukan di dua tempat saja di Jawa Barat, satu lainnya berada di Gunung Sembung, Cirebon. Warga setempat menyebut menhir ini dengan nama Batu Pangeunteungan.

Peninggalan bercotak Islam dapat ditemukan pada makam Raja Kawali, Adipati Singacala (1643-1718), yang terletak di puncak punden berundak di tengah kompleks situs. Panjang makam ini 294 cm. Masih ada sekitar 10 makam lainnya yang tersebar di situs ini.

Prasasti Kawali I

Isinya kira-kira :
Inilah bekas beliau Yang Mulia Prabu Raja Wastu yang memerintah di Kota Kawali, yang memperindah Keraton Surawisesa, yang membuat parit di sekeliling ibu kota, yang memakmurkan seluruh desa. Semoga ada penerus yang melaksanakan berbuat kebaikan agar lama jaya di dunia.

Di setiap sisi batu juga ditorehkan kalimat :
Jangan Semena-mena / Jangan Dirusak / Bila bhaga dihancurkan bhaga musnah / (Bila) bhaga dihormati bhaga lestari.

Prasasti Kawali II

Isinya kira-kira :
Semoga ada yang menghuni Dayeuh Kawali ini, yang melaksanakan kemakmuran dan keadilan agar unggul dalam perang.

Prasasti Kawali III : Kolenjer

Prasasti Kawali IV

Isinya : Sang Hyang Lingga Hiyang

Isinya : Sang Hyang Lingga Bingba

Isinya :
Ini peninggalan dari orang berilmu. Semoga ada yang menghuni kota ini. Jangan banyak tingkah bisa celaka.

Reka ulang peta situs dari bukunya Pak Djadja Sukardja

Peta Situs Kawali

Sumber informasi :
“Situs Kawali (Astana Gede) “, H. Djadja Sukardja, 2007
“Sejarah Kota-Kota Lama di Jawa Barat”, Dr. Nina Lubis, M.S., dkk, Alqaprint Jatinangor, 2000

6 Comments

  1. Mugia janten luang keur balarea. Pun Pranamulia ti Markaz Islam Bogor dan Pranamulia Institute

  2. Makasih sudah mengangkat sejarah tatar Sunda terutama Kawali ini.Semoga ini menjdai dampak positif buat kita semua.Salam dari Papua,happy blogging.

  3. Hatur nuhun responna, mugia mangpaat…

  4. hatur nuhun artikelna pamugi janten manfa’at ka balarea….urang papua kmaha tah….??????

  5. Hatur nuhun. Upami ningali kana jenengan salira, tinangtos sanes teureuh Sunda, margi nganggo jenengan Hutagalung. Namung sim kuring yakin, getih Sunda ngocor dina batin salira. Wilujeng. Hatur nuhur kana kacinta salira ka Tanah Sunda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: